Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Database MySQL di Hosting

Begini loh cara membuat database mysql di hosting. Tips ini tentu hanya bagi pemula pengguna jasa hosting untuk menjalankan web atau blog. Untuk sekarang ini, script yang paling terkenal adalah wordpress. Script besutan Matt Mullenweg ini memang tangguh dan sangat user friendly, artinya mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Sebenarnya, kalau kita menyewa hosting untuk menjalankan web dengan script wordpress, kita tidak perlu membuat database terlebih dahulu. Banyak menu/aplikasi yang telah disediakan pnyedia jasa hosting untuk menginstall script wordpress dengan hanya beberapa langkah. Aplikasi seperti softaculous atau fantastico sangat memudahkan instalasi wordpress.

Namun demikian, ada baiknya kita tahu cara membuat database di hosting kita, karena suatu saat kita harus membuat misalkan untuk instlasi web yang memerlukan pembuatan database, atau melakukan cloning wordpress ( seperti yang lagi digemari netter untuk program afiliasi amazon misalnya) yang mengharuskan kita membuat databe terlebih dahulu.

Kali ini hanya menampilkan posting membuat database di hosting dengan jasa hosting yang menyediakan aplikasi c-panel.

Langkah membuat database di hosting dengan C-Panel


1. Login ke C-Panel
2. Setelah masuk, klik MySql database Wizard seperti gambar di bawah ini:

3. Kita akan dibawa ke tampilan berikut:

4. Klink Next Step. Kita akan menuju tampilan berikut:
 5. Isi data yang diperlukan, username, password dua kali. Selanjutnya klik menu Create User . Tampilan selanjutnya seperti  berikut:


6. Klik kotak di sebelah kiri " ALL PRIVILEGES" sehingga semua tercentang seperti gambar. Selanjutnya Klik menu  Next Step  di bawah. Hasil klik tadi seperti gambar berikut ini:


7. Kalau berhasil maka tampilan akan seperti gambar di atas. Kita tinggal menyalin nama databse, user databse dan password yang kita isikan di atas.





Posting Komentar untuk "Cara Membuat Database MySQL di Hosting"